10 Desain Interior Rumah Mungil

10 Desain Interior Rumah Mungil

Di tengah sulitnya mencari lahan perumahan dan kian melambungnya harga properti, tidak heran apabila saat ini ukuran rumah yang ditawarkan oleh para pengembang menjadi semakin mungil dan terbatas. Luas hunian yang kian terbatas terkadang menjadi kendala pemilik rumah dalam mewujudkan hunian impiannya. Di rumah mungil, kreativitas para pemilik rumah diuji untuk menciptakan desain interior rumah mungil yang kekinian, namun tetap bisa mengakomodasi semua kebutuhan penghuninya.

Membuat dekorasi interior rumah mungil yang nyaman untuk ditinggali diperlukan ketepatan dalam menentukan layout ruang dan konsistensi dalam merawat agar selalu tampak rapi. Keterbatasan luas rumah sebenarnya bukan menjadi halangan untuk membuat rumah mungil menjadi estetis. Justru dalam keterbatasan luas itulah, biasanya kreativitas penghuni rumah semakin terasah. Apalagi ditambah dengan keterbatasan dalam budget.

Baca artikel lainnya: Inspirasi dekorasi interior rumah kecil unik.

Dengan pengaturan fungsi ruang, pemilihan warna, desain, dekorasi, serta tata letak furnitur yang tepat, rumah mungil pun dapat tampil keren. Bahkan, tak sedikit rumah berukuran kecil yang sukses memberikan kesan luas, juga tampilan yang kekinian. Oleh karena itu, untuk Anda yang memiliki rumah dengan luas terbatas, jangan berkecil hati. Pada artikel berikut ini, ArsiteQ memberikan 10 inspirasi desain interior rumah mungil sebagai inspirasi atau motivasi untuk bisa mewujudkan rumah mungil menjadi rumah dengan kenyamanan yang tinggi, tanpa lahan luas dan dekorasi mahal.

10 Desain Interior Rumah Mungil

1. Kesan Luas dengan Plafon Tinggi

desain interior rumah mungil

Sumber ktshanoi

 

Memberi kesan lega pada rumah mungil dapat dihadirkan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah meninggikan plafon atau langit-langit. Plafon rumah yang tinggi tidak hanya membuat sirkulasi udara menjadi lebih lancar, namun juga secara psikologis membuat pikiran penghuninya lebih lapang.

Plafon yang tinggi bisa Anda terapkan di ruang keluarga atau ruang tamu sebab kedua ruang ini menjadi ruang yang untuk berkumpul. Seperti pada inspirasi berikut ini, ruang keluarga dan ruang tamu memiliki plafon yang tinggi, sehingga kesan luas pun akan segera terasa saat memasuki rumah mungil ini.

Baca artikel lainnya: 9 Desain ruang keluarga terbuka membuat Anda betah di rumah.

2. Dekorasi Interior Rumah Mungil dengan Warna Hitam

desain interior rumah mungil terbaik

Sumber dapoffice

 

Siapa bilang rumah mungil harus selalu didominasi oleh warna terang? Mau menggunakan warna hitam? Tetap bisa, kok! Pemilihan warna yang tepat memang menjadi salah satu cara mudah untuk mendekorasi rumah mungil. Rumah mungil dengan ukuran yang terbatas idealnya menggunakan warna putih, sebab mampu memberikan kesan luas.

Baca artikel lainnya:  Gaya Desain Interior Terpopuler Saat Ini.

Tapi, itu bukan berarti Anda tidak boleh menggunakan warna hitam di rumah mungil Anda. Dengan penataan yang tepat, warna hitam akan membuat rumah mungil tampil beda. Misalnya, pada inspirasi berikut ini. Warna hitam tidak diaplikasikan di seluruh sudut hunian mungil. Dominasi warna gelap yang terlalu banyak bila tanpa dekorasi tentu akan tampak suram. Biar enggak terlalu gelap, Anda bisa memadukannya dengan warna hijau mint yang segar pada dinding kamar tidur.

 

3. Menyatu Tanpa Sekat

desain interior rumah mungil tampa sekat

Sumber pinterest

 

Semua ruang yang ada di setiap rumah, seperti dapur, kamar tidur, ruang tamu, dan ruang keluarga, lazimnya memang perlu dipisahkan agar bisa menjaga privasi dan memperjelas fungsi dari setiap ruang. Biasanya, setiap ruang tersebut dipisahkan oleh dinding masif. Namun, di hunian mungil, kehadiran dinding masif justru akan membuat hunian menjadi semakin sempit.

Baca artikel lainnya: Tips menciptakan ruang keluarga mewah.

Untuk mengakali lahan yang terbatas, Anda bisa menghilangkan sekat demi sekat yang ada di hunian mungil Anda, lalu mengubah konsep hunian Anda menjadi open space. Seperti inspirasi dekorasi interior rumah mungil yang satu ini, memaksimalkan lahan sempit dengan meminimalisasi sekat antar ruang. Ruang keluarga, ruang makan,  dapur didesain tanpa adanya dinding pemisah. Bila pembatas tersebut dibuang atau dihilangkan, rumah mungil tampak lebih lapang, bukan?

 

4. Desain Interior Rumah Mungil dengan Mezanin

interior rumah kecil

Sumber treehugger

 

Dekorasi interior rumah mungil yang satu ini terbilang unik karena menerapkan konsep mezanin di huniannya. Mezanin adalah tempat atau ruang tambahan yang terletak di antara lantai dan plafon. Mezanin sebenarnya merupakan ruang yang diciptakan di antara dua lantai dalam sebuah bangunan.

Konsep mezzanine ini digunakan untuk Anda yang mau menambah ruang, tanpa perlu menambah jumlah bangunan atau meningkatnya. Konsep yang satu ini bisa diaplikasikan apabila hunian mungil Anda memiliki plafon yang tinggi, sehingga Anda bisa memanfaatkannya menjadi ruang yang lain, seperti pada inspirasi desain interior hunian mungil berikut ini yang menambahkan area tidur di bagian atas.

 

5. Jendela Besar

interior rumah mungil terbaik

Sumber pinterest

 

Penggunaan jendela besar dan pintu yang transparan sukses membawa cahaya alami masuk ke dalam rumah dan membuat rumah mungil terasa lebih terang dan lapang. Penerapan jendela besar dihunian mungil merupakan cara yang jitu membuat hunian jadi lebih luas.

Selain lebih sehat, penerapan jendela besar ini juga membuat konsumsi listrik di hunian mungil Anda menjadi lebih hemat, karena Anda tidak perlu menyalakan lampu saat siang hari.

 

  1. Lebih Luas dengan Cermin

interior rumah mungil minimalis

Sumber columbian

 

Menata ruang mungil memang butuh trik tersendiri supaya terasa nyaman. Cara paling praktis dan banyak digunakan salah satunya ialah dengan memasang cermin. Benda pemantul ini akan menciptakan ilusi seolah ruangan dua kali lebih luas dari ukuran aslinya.

Namun sebenarnya, penempatan cermin di ruang mungil tidak selamanya berhasil memberikan kesan luas. Sebelum Anda memasang cermin, Anda perlu mempertimbangkan berapa ukuran ruang mungil untuk memperkirakan ukuran cermin yang tepat. Sebab, bila cermin terlalu besar akan mengganggu aktivitas dan tidak indah ketika dipandang.

Baca artikel lainnya: Trend Dekorasi Interior Di Tahun 2020

Seimbangkan juga dengan warna dinding yang dipantulkan cermin. Anda bisa memakai cat berwarna lembut dan hindari penggunaan wallpaper bermotif ramai pada dinding. Peletakkannya juga sebaiknya diperhatikan, cermin bisa dipasang di dinding rumah maupun pada pintu lemari.

 

  1. Furnitur Terbuka

interior ruamah mungil minimalis mewah

Sumber muji

 

Salah satu isu yang kerap menjadi persoalan di rumah mungil ialah soal penyimpanan barang. Di dalam rumah mungil, menggunakan lemari pintu berukuran besar sangat tidak dianjurkan sebab dapat menambah kesan sempit tersebut. Jika ada lemari besar, tak ada lagi tempat untuk menambahkan dekorasi-dekorasi manis karena semua lahan telah habis untuk lemari.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada satu trik yang sebenarnya dapat Anda coba, yakni dengan menerapkan open storage atau penyimpanan terbuka. Penyimpanan terbuka ini memungkinkan Anda bisa melihat barang-barang yang Anda simpan.

Anda pun juga bisa memanfaatkan open storage ini sebagai elemen dekorasi. Namun, menerapkan penyimpanan terbuka membutuhkan kejelian serta kerapian Anda sebagai pemilik rumah dalam mengatur barang-barang agar selalu terlihat rapi.

 

8. Perbedaan Ketinggian Lantai

interior rumah mungil mewah

Sumber freshome

 

Dekorasi interior rumah mungil selanjutnya ialah hunian mungil yang menerapkan konsep split level di dalamnya. Split level adalah perbedaan tinggi lantai di setiap ruang. Cara ini bisa dilakukan untuk membedakan satu ruang dengan ruang lainnya tanpa harus menghadirkan sekat masif.

Baca artikel lainnya: 7 Gaya Interior Ruang Keluarga Minimalis

Pada inspirasi desain interior hunian mungil ini, antara ruang keluarga dan ruang kerja memiliki perbedaan tinggi lantai, walaupun masih di dalam ruang yang sama. Membedakan ketinggian lantai tak hanya menghemat ruang tetapi juga menyuguhkan visualisasi ruangan yang lebih menarik.

 

9. Desain Interior Rumah Mungil dengan Banyak Tanaman

interior rumah banyak tanaman

Sumber scmp

Dekorasi interior rumah mungil yang satu ini menggunakan tanaman sebagai dekorasi. Berbagai tanaman penghias ruangan memang selalu berhasil membuat tampilan ruang jadi lebih segar, tidak terkecuali pada rumah mungil. Agar tidak terlalu ramai, Anda bisa memilih tanaman-tanaman yang berukuran kecil hingga sedang, lalu atur peletakkan tanamannya, misalnya disudut ruang.

 

10. Sofa Sekaligus Laci

furniture multi fungsi

Sumber rukita

 

Salah satu ciri utama yang biasanya terdapat di rumah mungil ialah penggunaan furnitur multifungsi. Memang, di tengah luas hunian yang terbatas, Anda perlu pintar-pintar dalam memilih desain furnitur. Contohnya, menggunakan sofa atau kursi ruang tamu yang terdapat tempat penyimpanan di bawahnya. Sehingga, Anda tak memerlukan rak atau laci kecil untuk menyimpan barang-barang di ruang tamu.

Nah, di antara 10 desain interior rumah mungil di atas, mana yang menjadi favorit Anda?

Simak puluhan tips dan inspirasi interior lainnya di website ArsiteQ. Apabila Anda tertarik untuk mendesain interior untuk rumah mungil maupun hunian mewah, Anda bisa memercayakannya kepada ArsiteQ.

Baca artikel lainnya: Wujudkan dekorasi interior rumah impian Anda bersama kami.

Segera hubungi marketing kami. Konsultasikan dengan detail kebutuhan gaya interior impian Anda minimalis kepada tim marketing kami. Jangan khawatir sebab Anda tidak akan dipungut biaya alias gratis!