9 Desain Ruang Keluarga Terbuka

9 Desain Ruang Keluarga Terbuka

Desain ruanga keluarga. Ruang keluarga merupakan pusat aktivitas para anggota keluarga. Di sinilah, Anda berkumpul, bercerita, dan bersenda gurau sambil melepas lelah setelah seharian beraktivitas. Ruang keluarga juga biasanya dijadikan tempat untuk menampung tamu atau keluarga besar yang tidak terakomodasi di ruang tamu atau ruang lainnya.

Banyaknya aktivitas yang ada di ruang keluarga, sudah selayaknya ruang ini mendapat perhatian yang serius terkait desain interiornya. Ada banyak konsep desain interior yang bisa diterapkan untuk ruang keluarga Anda, mulai dari skandinavian, modern, klasik, monokrom, atau rustic. Apapun desain interiornya, pastikan bisa membuat Anda serta keluarga nyaman berada di dalamnya.

Baca Juga:  Gaya Desain Interior Terpopuler Saat Ini.

Salah satu konsep desain interior ruang keluarga yang saat ini sedang banyak diminati dan diterapakan oleh pemilik rumah ialah ruang keluarga terbuka. Ruang keluarga yang didesain secara terbuka dipercaya bisa memberikan kenyamanan maksimal. Ruang keluarga terbuka juga memberi kesan yang santai, kasual, dan jauh dari kesan kaku sehingga aktivitas berkumpul bersama keluarga jadi jauh lebih menyenangkan dan penuh keterbukaan.

Ingin memiliki desain interior rumah keren, mewah dengan harga terjangkau? Klik Di Sini.

Untuk membuat ruang keluarga terbuka, sebenarnya bisa dengan dua cara, yakni ruang keluarga yang didesain menyatu dengan ruang lain tanpa adanya penyekat (open plan) atau membuatnya bersebelahan dengan bagaian luar rumah Anda. Keduanya adalah cara yang tepat untuk mewujudkan kenyamanan dari ruang keluarga terbuka.

Untuk Anda yang saat ini sedang berniat untuk merancang ruang keluarga terbuka, tidak usah bingung, berikut ini ArsiteQ berikan 9 desain ruang keluarga yang bisa Anda jadikan referensi dan inspirasi saat mendesain.

Berikan 9 Desain Ruang Keluarga Terbuka Persembahan dari ArsiteQ

1. Berlimpah Cahaya

desain ruang tamu

Sumber pinterest

 

Salah satu keuntungan utama memiliki ruang keluarga terbuka ialah adanya limpahan cahaya yang berasal dari jendela. Seperti pada ruang keluarga yang satu ini. Dengan kehadiran jendela besar tanpa ditutupi gorden atau vertical blind, ruang keluarga senantiasa terang secara alami tanpa perlu tambahan cahaya lampu.

 

2. Fleksibel dengan Sliding Door

desain ruang tamu minimalis

Sumber nanawall

 

Inspirasi desain ruang keluarga terbuka juga bisa dihadirkan dengan cara menjembatani ruang keluarga dengan bagian outdoor atau taman melalui sliding door atau pintu geser transparan. Hal ini untuk memunculkan kesan ruang keluarga terbuka yang seakan menyatu dengan taman.

Jasa desain interior rumah mewah Klik Di sini.

Desain ruang keluarga yang satu ini sangat ideal untuk Anda yang memiliki lahan lebih. Adanya sliding door juga membuat ruang keluarga fleksibel, bisa dibuka saat sore hari sambil menikmati udara segar, dan ditutup kembali ketika malam tiba.

 

3. Bersebelahan dengan Taman Belakang

ruang TamuTaman Belakang

Sumber home-designing

Anda pasti sepakat bahwa sirkulasi udara dan cahaya yang baik dapat menambah kenyamanan pada ruang keluarga. Keduanya bisa Anda dapatkan apabila ruang keluarga didesain secara terbuka, apalagi bersebelahan dengan taman.

Seperti pada desain ruang keluarga terbuka yang satu ini, yang bersebelahan dengan taman belakang. Meski tamannya terkesan mungil, namun ruang keluarga ini cukup sempurna dari sisi cahaya dan juga udara.

 

4. Simpel dengan Dominasi Putih

desain ruang tamu Putih

Sumber newjerseywindow

 

Untuk menciptakan ruang keluarga terbuka yang nyaman, diperlukan penataan dan dekorasi yang tepat. Salah satunya ialah dengan pemilihan warna yang benar.

Warna putih tidak pernah gagal dalam menciptakan ketenangan di dalam ruang. Warna ini bisa Anda terapkan di ruang keluarga. Meski didominasi oleh warna putih, namun ruang keluarga yang satu ini jauh dari kesan monoton.

 

5. Tampak Luas dengan Pintu Besar

desain ruang tamu Pintu Besar

Sumber mincovehomes

 

Bila Anda perhatikan, ruang keluarga yang satu ini memiliki desain yang simpel dan berukuran mungil. Namun, terkesan luas karena didesain secara terbuka. Ruangan keluarga berdesain sederhana ini tampak seolah bersatu dengan area luar rumah, yaitu area makan dan kolam renang.

Baca Juga: Harga Jasa Desain Interior Kamar Tidur Dan Faktor Pengaruhnya. 

Hal ini dikarenakan adanya sekat pemisah kedua bagian rumah tersebut yang didesain terbuka dengan lebar menggunakan pintu geser yang berukuran besar. Pintu ini pun sekaligus berguna sebagai jendela serta ventilasi pada ruang keluarga terbuka. Dengan adanya pintu besar yang didesain transparan, ruang keluarga pun jadi terlihat luas.

 

6. Pemandangan Indah dari Jendela Lebar

desain ruang tamu Jendela Lebar

Sumber crismatec

 

Area luar rumah atau halaman yang sangat luas akan memberikan efek menyegarkan untuk Anda dan keluarga yang tengah berkumpul di dalam ruang keluarga.

Menikmati sinar matahari pagi serta rumput hijau di balik jendela transparan bermaterial kaca yang didesain lebar ini pasti sangat menyenangkan. Meski penataan serta desain furniture yang digunakan pada ruang keluarga ini terlihat sederhana, namun semuanya seakan menajubkan berkat pemandangan yang tersaji lewat jendela kaca.

 

7. Tetap Perhatikan Desain Furnitur

 

desain interior ruang tamu Desain Furnitur

Sumber crismatec.

 

Meski pemandangan di luar ruang keluarga sudah sangat menajubkan, namun jangan abaikan elemen pengisi ruang keluarga ini, misalnya furnitur. Desain furnitur juga sebaiknya tetap Anda pikirkan agar bisa memberikan kenyamanan saat duduk.

Salah satu yang bisa Anda pilih ialah satu sofa besar dengan 3 dudukan dengan material kulit yang empuk saat diduduki. Furnitur ini tentu bisa membuat Anda dan keluarga betah berlama-lama di dalam ruang keluarga.

 

8. Bersebelahan dengan Dapur

desain ruang tamu dengan dapur

Sumber mincovehomes

 

Seperti yang sudah dikatakan di atas, bahwa ruang keluarga terbuka tidak melulu harus bersebelahan dengan area luar. Ruang keluarga terbuka juga bisa didesain menyatu dengan area lain di dalam rumah, misalnya dengan dapur.

Pada inspirasi berikut ini, antara ruang keluarga dengan dapur dipisahkan dengan pintu geser yang fleksibel, bisa dibuka atau ditutup. Bila dibuka, kedua ruang ini jadi terlihat luas, bukan?

 

9. Siasat Agar Luas

desain ruang tamu luas

Sumber thearchitechturedesigns

 

Untuk Anda yang memiliki hunian dengan ukuran terbatas, desain ruang keluarga terbuka sangat tepat untuk diterapkan di rumah Anda. Contohnya ruang keluarga yang satu ini. Jendela kaca yang besar sangat tepat digunakan pada ruang keluarga berukuran kecil, sebagai penghubung antara ruang tengah dengan halaman belakang. Pandangan yang tak terhalang akan membuat Anda dan keluarga mendapatkan kesan lapang dan lega.

Itulah 9 Desain Ruang Keluarga Terbuka Yang Telah Dirangkum oleh ArsiteQ.

Di antara ke-9 desain ruang keluarga terbua di atas, mana yang menjadi favorit Anda? Apabila Anda tertarik untuk mendesain ruang keluarga terbuka, Anda bisa memercayakannya kepada ArsiteQ.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa desain interior dan kontraktor interior, ArsiteQ bisa mewujudkan desain ruang keluarga terbuka untuk Anda.

Baca Juga: 11 Inspirasi Desain Kamar Ala Hotel bintang 5 

ArsiteQ juga terdiri dari para desainer interior yang andal dan profesional sehingga tidak perlu Anda ragukan lagi hasil kinerjanya.

Tak hanya bisa membuat ruangan Anda tampak indah, nyaman, dan cantik, kami juga bisa membuat bangunan Anda fungsional secara maksimal. Percayakan kepada desainer interior ArsiteQ untuk mengisi bangunan Anda dengan perabot sesuai budget yang sudah Anda anggarkan.

Tunggu apalagi, segera hubungi marketing kami. Konsultasikan dengan detail kebutuhan desain interior ruang keluarga terbuka kepada tim marketing kami. Jangan khawatir sebab Anda tidak akan dipungut biaya alias gratis! Temukan juga puluhan inspirasi lainnya di website kami.