7 Gaya Interior Ruang Keluarga Minimalis | ArsiteQ.com
7 Gaya Interior Ruang Keluarga Minimalis

7 Gaya Interior Ruang Keluarga Minimalis

Interior ruang keluarga. Dari sekian banyak gaya interior untuk ruang keluarga, minimalis menjadi konsep favorit yang paling sering dijadikan pilihan oleh banyak pemilik rumah.

Bagaimana tidak, gaya interior ruang keluarga minimalis memang memiliki segudang keunggulan. Gaya interior minimalis memberi kesan sederhana namun elegan pada ruang keluarga. Ciri lainnya dari desain interior minimalis ialah tidak terlalu banyak penggunaan ornamen dan dekorasi.

Pada mulanya, konsep minimalis pertama kali dipopulerkan oleh arsitek Ludwid Mies van der Rohe dan Le Corbusier yang terinspirasi dari gaya hidup Zen masyarakat Jepang. Budaya Zen sendiri identik dengan kesederhanaan. Orang Jepang memang dikenal cukup sering menerapkan budaya tersebut pada estetika dan desain bangunan. Arsitektur rumah minimalis sendiri hadir sebagai bentuk respon dari desain arsitektur-arsitektir sebelumnya yang dianggap rumit.

Jasa Desain Interior Rumah Terbaik di Jakarta dan Sekitarnya. 

Gaya minimalis bisa diterapkan di hunian dengan ukuran luas berapapun, termasuk di hunian dengan luas terbatas alias mungil. Desain rumah minimalis terkenal dengan penataan yang simpel dan fungsional. Tidak hanya itu, dekorasi, material, serta desain interior dari ruang keluarga yang dikonsep dengan gaya minimalis dibuat sesederhana mungkin.

Inilah yang membuat gaya interior minimalis sangat cocok untuk diterapkan di ruang keluarga dengan ukuran sempit. Sebagai inspirasi Anda saat mendesain, berikut 7 gaya interior ruang keluarga minimalis yang telah dirangkum oleh ArsiteQ.

7 Gaya Interior Ruang Keluarga Minimalis Yang Membuat Anda & Keluarga Betah di Rumah.

1. Lampu Gantung sebagai Point of Interest

Interior Ruang Keluarga Minimalis

Sumber pinterest

 

Desain interior minimalis identik dengan dekorasi yang serba minim, atau bahkan sengaja ditiadakan agar ruang keluarga terlihat simpel dan luas. Untuk menyiasatinya, ruang keluarga minimalis tetap bisa keren dengan menghadirkan satu elemen dekorasi yang paling menonjol.

Salah satu elemen yang bisa dijadikan dekorasi di ruang keluarga minimalis ialah lampu. Selain berfungsi untuk menerangi ruang keluarga, armartur lampu yang unik juga akan membuat ruang keluarga minimalis semakin menarik. Contohnya lampu gantung yang satu ini. Desainnya yang unik seakan menjadi point of interest dari ruang keluarga minimalis Anda.

 

2. Tampak Segar dengan Sofa Hijau

Interior Ruang Keluarga Minimalis mewah

Sumber home-designing

 

Ruang keluarga minimalis seringkali diartikan dengan penerapan warna-warna yang netral, seperti putih, cokelat, abu-abu, dan hitam. Namun, dengan menerapkan gaya interior ruang keluarga minimalis, bukan berarti Anda tidak boleh menghadirkan warna lain.

Anda tetap bisa menggunakan warna-warna kontras di tengah ruang keluarga minimalis Anda, asal proporsinya pas. Misalnya pada inspirasi berikut ini.

Baca Juga: Trend Dekorasi Interior Di Tahun 2020

Di tengah warna dingin seperti abu dan cokelat, warna hijau pada sofa hadir di tengah ruangan. Sofa tersebut pun seakan membuat ruang keluarga jadi tampak lebih hidup dan segar.

 

3. Jangan Lupakan Penyimpanan

Interior Ruang Keluarga Minimalis penyimpanan

Sumber home-designing

 

Ruang keluarga minimalis juga identik dengan penataan barang yang tertata rapi. Oleh karena itu, Anda tidak boleh melupakan penyimpanan di ruang keluarga minimalis.

Hadirkan penyimpanan dalam bentuk rak atau lemari terbuka (open storage). Salah satu trik cerdasnya bisa Anda lihat pada inspirasi yang satu ini. Anda bisa menggunakan rak terbuka sebagai tempat untuk menyimpan koleksi buku.

Rak dibuat tinggi hingga menjulang ke plafon agar bisa maksimal dalam menyimpan banyak barang. Rak juga didesain dengan banyak kompartemen agar Anda bisa dengan mudah menyusun barang sesuai dengan jenisnya.

 

4. Tanaman sebagai Dekorasi

Interior Ruang Keluarga Minimalis tanaman

Sumber thespruce

 

Di ruang keluarga dengan konsep apapun, tanaman selalu bisa dihadirkan sebagai elemen dekorasi, termasuk di ruang keluarga minimalis.

Baca Juga:  Gaya Desain Interior Terpopuler Saat Ini.

Tidak hanya membuat ruang keluarga minimalis menjadi lebih asri dan sejuk, tanaman yang diletakkan di dalam ruang keluarga memang paling bisa diandalkan dalam hal memperindah ruangan. Letakkan indoor plant di dalam vas yang cantik, agar tampak semakin menarik, gunakan berbagai jenis tanaman, misal monstera dan kaktus.

 

5. Atraktif dengan Banyak Pigura

Interior Ruang Keluarga Minimalis pigura

Sumber pinterest

 

Untuk mengisi kekosongan pada dinding di ruang keluarga minimalis, Anda bisa menggunakan pigura atau bingkai foto. Pigura yang berisi foto atau lukisan dapat membuat ruang keluarga minimalis menjadi lebih berwarna.

Pigura ini berfungsi selain untuk mempermanis ruang juga dapat berbicara sebagai kenangan yang diabadikan. Agar penempatan bingkai di dinding bisa terlihat menarik dan tidak berkesan monoton, bingkai yang digunakan dapat bervariasi mulai dari aspek warna, bentuk maupun ukurannya, seperti pada inspirasi yang satu ini, dimana pigura dibedakan dari segi ukurannya.

 

6. Furniture Multifungsi

Interior Ruang Keluarga Minimalis furniture

Sumber ikea

 

Ruang keluarga minimalis memiliki ciri penggunaan furnitur yang fungsional. Fungsional memiliki arti bahwa Anda hanya perlu menghadirkan furnitur yang benar-benar dibutuhkan saja agar ruang keluarga tidak terlalu penuh.

Selain itu, ciri lain yang sering ditemukan pada ruang keluarga minimalis ialah penggunaan furnitur multifungsi. Furnitur yang satu ini biasanya memiliki lebih dari satu fungsi dalam satu buah furnitur. Itulah mengapa furnitur ini disebut sebagai furnitur multifungsi.

Baca Juga: 8 Tips Cara Mudah Desain Interior Gaya Skandinavia 

Misalnya saja pada ruang keluarga minimalis yang satu ini. Sofa 3seater ini apabila sedang tidak digunakan bisa diubah menjadi tempat tidur. Selain itu, coffee table pada ruang keluarga minimalis ini juga bisa berfungsi sebagai tempat penyimpanan buku.

Dengan furnitur multifungsi, Anda tidak perlu merogoh kocek yang dalam untuk membeli dua furnitur tersebut, sebab kedua fungsi furnitur sudah bisa Anda dapatkan dalam satu furnitur saja.

 

7. Furniture Berkaki Ramping

Interior Ruang Keluarga Minimalis furniture bekaki ramping

Sumber pinterest

 

Memiliki desain simpel dengan furnitur yang serba sederhana akan membuat ruang keluarga minimalis sangat nyaman untuk digunakan sebagai tempat berkumpul.

Apabila ruang keluarga Anda berukuran mungil, salah satu trik yang bisa Anda lakukan ialah menggunakan furnitur-furnitur berkaki ramping. Furnitur tersebut tentu tidak akan memakan ruang dan membuat ruang keluarga semakin sempit. Gunakan furnitur berwarna pastel agar ruang keluarga Anda tampak lebih manis.

Itulah ketujuh gaya interior ruang keluarga minimalis versi ArsiteQ.

Yang mana yang menjadi favorit Anda? Anda tentu bisa menerapkan gaya minimalis ke ruang keluarga Anda. Apabila Anda tertarik untuk mendesain gaya interior ruang keluarga, Anda bisa memercayakannya kepada ArsiteQ.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa desain interior dan kontraktor interior, ArsiteQ bisa mewujudkan gaya interior ruang keluarga minimalis untuk Anda. ArsiteQ juga terdiri dari para desainer interior yang andal dan profesional sehingga tidak perlu Anda ragukan lagi hasil kinerjanya.

Baca Juga: 9 Desain ruang keluarga terbuka membuat Anda betah di rumah.

Tak hanya bisa membuat ruangan Anda tampak indah, nyaman, dan cantik, kami juga bisa membuat bangunan Anda fungsional secara maksimal. Percayakan kepada desainer interior ArsiteQ untuk mengisi bangunan Anda dengan perabot sesuai budget yang sudah Anda anggarkan.

Segera hubungi marketing kami. Konsultasikan dengan detail kebutuhan gaya interior ruang keluarga kepada tim marketing kami. Jangan khawatir sebab Anda tidak akan dipungut biaya alias gratis! Temukan juga puluhan inspirasi lainnya di website kami.

 

By. Tiya S.